Contoh soal asesmen diagnostik kognitif semua jenjang
Jenis asesmen diagnostik terbagi menjadi 2 jenis, yaitu diagnostik kognitif dan diagnostik non kognitif. Bagaimana contoh soalnya? Yuk simak contoh soal asesmen diagnostik kognitif semua jenjang.
Asesmen diagnostik kognitif dilaksanakan di awal pembelajaran dan akhir pembelajaran serta dilaksanakan secara berkala setiap pergantian materi. Yang tujuannya yaitu untuk:
Untuk mengetahui Kompetensi siswa
Untuk mencari rata – rata kemampuan siswa di kelas
Untuk memberikan bimbingan tambahan kepada siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran
Berikut ini contoh soal asesmen diagnostik kognitif semua jenjang
Contoh Soal Diagnostik Kognitif jenjang SD
1. Pilihan di bawah ini yang bukan merupakan bagian- bagian akar adalah ….
A. ujung akar
B. rambut akar
C. tudung akar
D. kepala akar
2. Di bawah ini bagian yang berfungsi melindungi akar dari kerusakan saat menembus tanah adalah ….
A. rambut akar
B. tudung akar
C. pangkal akar
D. ujung akar
3. Apa pengertian Predikat di dalam kalimat
A. Kata penghubung antara subjek dan objek
B. Kata yang memiki arti penting
C. Kalaimat pelengkap
D. Kalimat yang memiliki urutan tepat
4. Apa Pengertian Subjek di dalam kalimat
A. Tempat yang dituju
B. Kegiatan atau pekerjaan
C. Keterangan waktu
D. Orang yang melakukan
5. Badan Penyelidik Usaha- Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada tanggal ….
A. 15 april 1945
B. 20 april 1945
C. 29 April 1945
D. 30 April 1945
6. Siapa Ketua BPUPKI yang ditetapkan oleh Gunseikan….
A. Prof. Dr. Mohammad Yamin
B. Ir. Soekarno
C. Prof. Dr. Soepomo
D. Dr. Radjiman Widjodiningrat
Ingin mempelajari lebih dalam tentang Asesmen Diagnostik ?
Sebuah kertas memiliki ukuran panjang (x + 2)m dan lebar x m. Jika luas tanah tersebut 48 m2, perbandingan antara panjang dan lebarnya adalah ….
A. 2:3
B. 3:2
C. 4:3
D. 3:4
Julian memiliki selembar kertas berbentuk segitiga. Ternyata keliling kertas Julian adalah 66 cm dengan dua sisi lainnya 19 cm dan 28 cm. Pernyataan yang sesuai adalah ….
A. Selembar kertas Andri berbentuk segitiga sama sisi.
B. Selembar kertas Andri berbentuk segitiga sembarang.
C. Selembar kertas Andri berbentuk segitiga sama kaki.
D. Selembar kertas Andri berbentuk segitiga siku-siku.
Contoh Soal Diagnostik Kognitif jenjang SMA
Agnes merupakan siswa kelas 10 SMK Bakti Karya, Sudah dua bulan ini penglihatan Agnes terganggu. Ia tidak bisa melihat dengan jelas tulisan di papan tulis yang berjarak 2 m dari tempat duduknya. Setelah diperiksa, ternyata Agnes hanya mampu melihat benda maksimal 150 cm di depannya. Agar Agnes bisa melihat dengan jelas tulisan di papan tulis tersebut, ia harus menggunakan kacamata berlensa cekung dengan kekuatan ….
A. -0,667 D
B. -0,5 D
C. -1,5 D
D. 0,5 D
E. 1,25 D
Tono sedang mengamati ukuran sel bawang merah menggunakan mikroskop. Panjang fokus lensa objektif mikroskop yang digunakan Tono adalah 1 cm. Agar terlihat jelas, preparat sel bawang merahnya diletakkan 1,5 cm di bawah lensa objektif. Jika panjang fokus lensa okulernya 2,5 cm dan pengamatan dilakukan dengan akomodasi maksimum, perbesaran yang dihasilkan adalah ….
A. 15 kali
B. 10 kali
C. 35 kali
D. 30 kali
E. 22 kali
Contoh Soal Asesmen Diagnostik Non Kognitif semua jenjang
Setelah artikel sebelumnya tentang contoh soal asesmen diagnostik kognitif, berikut ini akan membahas secara lengkap mengenai contoh soal asesmen diagnostik non kognitif.
Asesmen diagnostik kognitif dilaksanakan di awal pembelajaran yang dilakukan secara berkala untuk dapat mendapatkan data yang lebih banyak dari siswa. Yang tujuannya yaitu untuk:
Mengetahui kondisi psikologi dan sosial emosi siswa
Untuk mengetahui aktivitas selama belajar dirumah
Mengetahui situasi dan kondisi keluarga siswa
Mengetahui latar belakang pergaulan siswa
Mengetahui gaya belajar, karakter bakat dan minat siswa
Contoh soal asesmen diagnostik non kognitif untuk semua jenjang hampir sama baik itu jenjang SD, SMP, hingga SMA. Karena tujuan asesmen ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa, atau kelebihan dan kekurangan siswa.
Berikut ini contoh soal asesmen non kognitif
Tentang Gaya Belajar
Sebelum mengerjakan sesuatu, saya biasanya…
A. membaca instruksinya terlebih dahulu
B. mendengarkan instruksi dari orang lain, baru kemudian mengerjakan
C. langsung melakukan uji coba
Ketika lupa sesuatu, biasanya saya akan…
A. berusaha mengingatnya dari gambaran bentuk, warna, atau cirinya
B. berusaha mengingatnya dari ciri-ciri suaranya
C. berusaha mengingatnya dari apa yang dilakukan dan penggunaannya
Hal yang paling bisa saya ingat dari seseorang adalah…
A. ekspresi wajahnya yang menawan
B. suaranya yang khas
C. gerakan tubuhnya yang memukau
Ketika saya mengoperasikan peralatan baru, saya umumnya…
A. membaca petunjuknya terlebih dahulu
B. mendengarkan penjelasan dari seseorang yang sudah menggunakan sebelumnya
C. saya langsung menggunakannya, saya bisa belajar ketika menggunakannya
Ketika saya membutuhkan petunjuk perjalanan, saya biasanya…
A. meminta petunjuk lisan
B. mengikuti kehendak hati dan mungkin menggunakan kompas
C. melihat peta
Ingin mempelajari lebih dalam tentang Asesmen Diagnostik ?
Tentang Sosial Emosi Siswa
Tidak ada jawaban benar atau salah, silahkan pilih salah satu diantara pilihan A dan B
A. Saya suka merencanakan dan mengatur detail-detail dari setiap pekerjaan yang harus saya lakukan.
B. Saya suka mengikuti petunjuk-petunjuk dan melakukan apa saja yang diharapkan orang dari diri saya.
A. Saya ingin orang-orang memperhatikan dan memberikan komentar mengenai penampilan saya dimuka umum.
B. Saya suka membaca riwayat hidup orang-orang besar.
A. Saya suka mengelakkan keadaan-keadaan dimana saya diharapkan akan berlaku secara konvensional (kebiasaan umum)
B. Saya suka membaca riwayat hidup orang-orang besar
A. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan, jabatan atau bidang khusus.
B. Saya ingin agar pekerjaan saya diatur dan direncanakan sebelum dimulai.
Tentang Kondisi Keluarga
Menurutmu, apa sifat terpenting dari orangtua yang baik?
Apa yang membuat keluarga bahagia?
Dalam skala 1 sampai 10, seberapa ketat Ibu dan Bapak dalam keluarga ini? Berapa angka ideal menurutmu?
Apa peraturan paling penting dalam keluargamu?
Kamu akan menjadi orangtua yang seperti apa?
Apa saja hal baik tentang memiliki saudara kandung? Apa hal buruknya?
Demikian informasi mengenai contoh soal asesmen diagnostik non kognitif semuaa jenjang. Semoga dapat bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar