Jumat, 13 Januari 2023

Bentuk instrumen Asesmen Diagnostik yang Dapat Guru Gunakan

 


Bentuk instrumen Asesmen Diagnostik yang Dapat Guru Gunakan

Guru perlu menggunakan penilaian diagnostik standar untuk dapat menggali data lebih mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan siswa. Dengan bentuk instrumen asesmen diagnostik yang ada.

Apa saja bentuknya? Yuk simak informasi berikut ini:

Survei dan Kuesioner

Metode yang pertama adalah metode yang  paling umum untuk melakukan penilaian diagnostik. Guru dapat membuat survei/kuesioner online melalui Google form misalnya, dan meminta siswa untuk mengisinya di awal pembelajaran.

Atau, guru dapat menggunakan fitur undangan email untuk mengirimkan survei kepada siswa terlebih dahulu.

Pretest

Yang kedua dapat berupa pretest. Pre-test adalah alat penilaian yang bukan untuk dinilai yang digunakan untuk menentukan seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki siswa tentang mata pelajaran tersebut. 

Untuk bentuk pre-tesnya biasanya siswa diminta untuk mengisi pertanyaan rumpang atau pilihan ganda.

Seluruh isinya adalah untuk menguji pengetahuan atau mengetahui karakteristik siswa untuk soal diagnostik non kognitif siswa yang ada sebelum mereka memulai topik atau unit pembelajaran baru.

Daftar periksa (Cheklist)

Bentuk instrumen asesmen diagnostik selanjutnya guru dapat menggunakan daftar periksa adalah alat sederhana yang menguraikan kriteria penilaian khusus untuk evaluasi diagnostik. Daftar periksa sangat kolaboratif ini dapat digunakan bagi siswa untuk dapat mengevaluasi diri sendiri, guru juga dimudahkan untuk mengakomodasi data nya.

Guru perlu menggunakan penilaian diagnostik standar untuk dapat menggali data lebih mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan siswa. Dengan bentuk instrumen asesmen diagnostik yang ada.

Apa saja bentuknya? Yuk simak informasi berikut ini:

Survei dan Kuesioner

Metode yang pertama adalah metode yang  paling umum untuk melakukan penilaian diagnostik. Guru dapat membuat survei/kuesioner online melalui Google form misalnya, dan meminta siswa untuk mengisinya di awal pembelajaran.

Atau, guru dapat menggunakan fitur undangan email untuk mengirimkan survei kepada siswa terlebih dahulu.

Pretest

Yang kedua dapat berupa pretest. Pre-test adalah alat penilaian yang bukan untuk dinilai yang digunakan untuk menentukan seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki siswa tentang mata pelajaran tersebut. 

Untuk bentuk pre-tesnya biasanya siswa diminta untuk mengisi pertanyaan rumpang atau pilihan ganda.

Seluruh isinya adalah untuk menguji pengetahuan atau mengetahui karakteristik siswa untuk soal diagnostik non kognitif siswa yang ada sebelum mereka memulai topik atau unit pembelajaran baru.

Daftar periksa (Cheklist)

Bentuk instrumen asesmen diagnostik selanjutnya guru dapat menggunakan daftar periksa adalah alat sederhana yang menguraikan kriteria penilaian khusus untuk evaluasi diagnostik. Daftar periksa sangat kolaboratif ini dapat digunakan bagi siswa untuk dapat mengevaluasi diri sendiri, guru juga dimudahkan untuk mengakomodasi data nya.

Guru menilai setiap siswa berdasarkan kriteria yang berbeda dalam daftar. Pada akhirnya, mereka menganalisis hasil dan menggunakannya untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa tentang materi pelajaran. Bentuk instrumen ini cocok untuk mengukur asesmen diagnostik non kognitif, untuk melihat karakteristik siswa.

Metode yang digunakan guru untuk mengetahui bagaimana kemajuan siswa dalam bidang akademik dasar seperti matematika, membaca, menulis, dan mengeja. Meskipun sebagian besar digunakan dalam evaluasi formatif, ia juga memiliki tempat dalam penilaian diagnostik.

Anda dapat menggunakan slip masuk untuk mengumpulkan informasi cepat dari siswa. Guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan sementara siswa menuliskan tanggapan mereka pada slip. 

Setelah latihan, guru mengambil slip, mengevaluasi tanggapan, dan membuat perubahan yang diperlukan pada tujuan pembelajaran.

Demikian informasi mengenai  Bentuk Instrumen Asesmen Diagnostik yang Dapat Guru Gunakan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat menambah wawasan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar