Proses pengendalian waktu berdasarkan suatu rangkaian kegiatan yg telah direncanakan da telah dipertimbangkan berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang kemudian harus dilakukan pengontrolan dalam prosesnya agar maksimal.
- Manajemen waktu tidak akan mudah dicapai apa bila tidak adanya kemampuan untuk memperhatikan mana hal yg harus diutamakan dan mana yang bisa untuk dilaksanakan pada waktu lainnya.
- Manajemen waktu memiliki peran di dunia jika dilihat dari sudut pandang manapun. Karena kemampuan manajemen waktu sangat di perlukan oleh manajer manajer, karyawan-karyawan, hingga orang-orang yang bekerja dengan waktu.
- Manfaat manajemen waktu adalah menjadikan seseorang untuk lebih mampu mengendalikan waktu yang dimilikinya untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam melaksanakan sesuatu.Manajemen Waktu
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_waktu
Dunia Nyata
➢ Memahami apa itu Dunia Nyata
➢ Posisi dan fungsi GURU
02
Dunia Maya
➢ Memahami Pemanfaatan Internet
➢ Keuntungan Jadi Konten Kreator
03
Dunia Mimpi
➢ Memahami Pentingnya sebuah Mimpi
➢ Prosedur Mewujudkan Mimpi Jadi Nyata
04
Dunia Fantasi
➢ Memahami dunia Fantasi
➢ Menulis naskah fiksi
Bagaimana Menjadi Guru Profesional?
Profesional:
Kualitas dalam pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian,kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan
Pendidikan Profesi
( UU no 14 tahun 2005 Pasal 1 ayat 4 )
Guru Profesional (1)
• Menguasai bidang studi yang diajarkan
• Menguasai pedagogi
• Mengetahui inti bidang studi
• Mengajar murid dengan latar belakang berbeda
• Terampil melakukan diagnosis kesulitan belajar murid Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya
Guru Profesional (2)
• Mampu memahami perubahan dan pertumbuhan muridnya
• Argument pendidikan yang tepat
• Menguasai teknik motivasi
• Evaluasi kemajuan muridnya
• Membela kepentingan muridnya
• Melakukan refleksi dan perbaikan praktek profesionalnya
Bagaimana Mengelola Waktu?
“ Waktu adalah salah satu sumber daya yang tidak
bisa direproduksi dan tidak dapat diambil alih.
Manajemen waktu di dalam sebuah perencanaan
kegiatan merupakan suatu teknik untuk mengatur dan meningkatkan penggunaan waktu secara efektif ”
Manajemen waktu adalah kemampuan untuk merencanakan dan menggunakan waktu semaksimal mungkin.
Kemampuan untuk fokus dan memprioritaskan sebuah tugas adalah kunci bagi siapapun yang ingin
mempertahankan produktivitas di manapun.
Masing-masing dari kita tentunya memiliki tugas-tugas yang ingin dan harus dikerjakan dalam beraktivitas sehari-hari. Untuk mencapai gol dari tugas-tugas yang dikerjakan, kita harus paham mengenai manajemen waktu
6 Tips Manajemen Waktu
Tingkatkan kemampuan berkomunikasi Belajar untuk selalu fokus Berani Mengambil keputusan Mencari Motivasi diri membuat perencanaan menyusun skala prioritas.
Manajemen Waktu yang Lebih Efektif Manfaatkan teknologi time management Rapihkan Meja Kerja Apresiasi kebiasaan baikmu Menaikkan Standar Kerja.
Karakteristik Manajemen Waktu Yang sukses Rencana dan prioritas delegasi eliminasi pencurian waktu
MULAILAH DARI YANG KECIL
Jadilah Guru yang Sukses Belajarlah untuk mengatakan tidak dengan cara yang sopan. Hal ini berlaku untuk menolak pekerjaan atau aktivitas tambahan yang tidak sesuai dengan tujuan. Bergabung dengan teman-teman hanya karena merasa tidak enak dapat menghabiskan waktu berharga yang lebih baik digunakan untuk mengerjakan tugas tugas penting.
Beristirahat merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Buatlah jadwal untuk beristirahat dan menjernihkan pikiran.
Rencanakan olahraga yang teratur dan masukkan ke dalam rutinitas harian atau mingguan kamu supaya tetap sehat dan bugar.
Konsumsi juga makanan-makanan yang sehat dan hindari junk food yang bisa menyebabkan lesu dan kurang fokus. Berhentilah bekerja jika sudah merasa lelah, jangan sampai pekerjaan juga memakan waktu istirahat kita yang berharga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar