Rabu, 09 Februari 2022

Pendidikan ala Finlandia

Pendidikan ala Finlandia




Penyelenggaraan pendidikan di setiap negara menjadi peduli hampir setiap anggota masyarakat. Mereka mengharapkan anggota masyarakat keluaran pendidikan memiliki kompetensi yang sesuai atau bahkan melampaui harapan mereka. 

Dalam upaya memenuhi harapan itu, banyak negara belajar atau mencontoh praktik pendidikan yang dipandang baik dari negara lain titik Irlandia adalah salah satu negara yang berdasarkan penilaian berbagai lembaga internasional banyak aspek pendidikan yang patut dipelajari selain itu dapat diterapkan dalam relevan dengan kondisi negara kita republik Irlandia adalah sebuah negara dengan luas daratan 33 8.45 5 km2 dengan jumlah penduduk 5,5 juta jiwa.

Pendidikan di negeri ini dalam buku miracle of education: the principles and praktices of teaching and learning in finnish schools (Niemi,H.,2016), digambarkan menunjukkan keajaiban masyarakat internasional kagum terhadap keberhasilan pendidikan di Finlandia yang ditunjukkan oleh kesuksesan peserta didik dan dalam berbagai pemeringkatan. 

Organisasi kerjasama ekonomi dan pembangunan (OECD), misalnya, pelaporan hasil penilaian programmer for international student assessment (PISA) dalam matematika, sain, dan membaca menunjukkan firlandia sebagai selalu pada peringkat teratas. World ekonomic. 

Forum (2013) melaporkan pendidikan tinggi di negara tersebut juga berada pada posisi teratas. Meskipun pada tahun-tahun berikut disusun oleh beberapa negara lain, secara konsisten bilang dia tetap berada di antara negara-negara dengan tingkat pendidikan terbaik.

Pada 2019 UNDP menerbitkan laporan bahwa indeks pendidikan kan Irlandia menunjukkan rata-rata tahun sekolah penduduk dewasa dan tahun harapan anne-marie sekolah anak-anak berbeda di urutan ke empat  meskipun masyarakat internasional menunjukkan kekaguman terhadap keberhasilan pendidikan di Finlandia, negeri itu memandangnya sebagai sesuatu yang biasa titik mengapa tanda tanya karena masyarakat disana menjadi pendidikan sebagai suatu yang melekat dalam kehidupan mereka. 

Pemeringkatan dan kompetensi tidak lazim dalam sistem sosial mereka. Baru pada satu dekade terakhir ini finlandia melakukan ekspor education untuk memasangkan pendidikannya keberhasilan pendidikan Finlandia ditopang oleh kehormatan kepada guru sebagai profesi pengging si titik pendapat sipenggeng si titik pendapat guru sementara dengan dokter sehingga pilihan profesi, guru melampaui pilihan profesi profesi lain tidak mengherankan jika selesai mengikuti pendidikan pun sangat ketat tidak awal keberhasilan di finlandia dia iya revolusi pendidikan yang visioner.

Kurikulum nasional pendidikan dasar yang hanya berupa kerangka kerja yang secara fleksibel dikembangkan guru sebagai kurikulum berbasis sekolah,juga berakhir pengembangan pembelajaran menjadikan peserta didik dan sekolah sebagai komunikasi belajar. Pendidikan disana juga sangat memperhatikan proses materi, dan   pembelajaran pemanfaatan teknologi digital terutama internet, sangat masih dan intensif

sistem pendidikan struktur 

Sistem Pendidikan kirain dia tidak jauh berbeda dengan negara-negara lain. Di sana terdapat program pendidikan pemula bagi bayi dan balita (semacam daycare), pendidikan prasekolah Sampai usia 6 tahun titik dalam 9 tahun berikutnya setiap anak mengikuti setiap anak mengikutinya nya pendidikan dasar (SMP dan SD ) dalam sistem sekolah komprehensif, dan 3 tahun berikutnya ialah sekolah menengah atas SMA pendidikan tinggi dan pendidikan Dikti orang dewasa termasuk kategori wajib. Dalam proses pendidikan tidak ada pemaksaan Belajar, seperti memaksa anak belajar membaca menulis berhitung pada usia dini atau menghukum anak bila tidak belajar.

orang dewasa termasuk kategori wajib. Dalam proses pendidikan tidak ada pemaksaan belajar, seperti memaksa anak belajar membaca-menulis berhitung pada usia dini, atau menghukum anak bila tidak belajar.

Untuk mengikuti pendidikan dasar 9 tahun tidak ada seleksi masuk yang dikaitkan dengan kemampuan akademis (tracking atau pengelompokan peserta didik berdasarkan prestasi streaming sebaiknya, setiap kelas dikelola berdasarkan prinsip eksklusif dengan memanfaatkan anak-anak  sebagai sumber daya. Sebaliknya setiap kelas dikelola berdasarkan prinsip elektro si dengan memfasilitasi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Setelah menyelesaikan khusus setelah ah pendidikan dasar, peserta didik dapat memilih jalur akademis atau luxio.. Untuk mengikuti pendidikan dasar 9 tahun tidak ada 

seleksi masuk yang dikaitkan dengan kemampuan akademik (tracking), atau pengelompokan peserta didik berdasarkan prestasi streaming (semacam SMA) atau jalur kejuruan atau atau jalur kejuruan atau ammatti oppilaitos (semacam SMK) selama 3 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, mereka dapat memasuki  pendidikan tinggi yang berbentuk universitas atau politeknik atau ke p atau ikorkeakammatt di perguruan tinggi sains terapan. Pembiayaan pendidikan pada dasarnya sekolah didirikan dan dibiayai oleh negara atau pemerintah setempat tetap ada juga lembaga pendidikan suatu sekolah swasta yang mendapat izin dari pemerintah dibiayai oleh pemerintah dengan besar biaya yang setara dengan besarnya biaya oleh pemerintah dengan besarnya biaya yang setara dengan sekolah-sekolah negeri.


Dengan begitu sekolah baik negeri maupun swasta tidak boleh mengenakan pungutan apapun titik untuk pemasukan sekolah juga tidak ada proses seleksi prosedur penerimaan peserta didik baru pada semua sekolah pun, baik negeri maupun swasta adalah sama. Jumlah peserta didik per kelas tidak lebih dari 20 orang, dan mereka harus belajar bahasa asing selain bahasa Finlandia atau Swedia.

Bagi peserta didik pendidikan dasar 9 tahun sekitar 4-11 jam per Minggu didedikasikan untuk kelas seni, musik, memasak, petualangan kayu, bengkelan, dan tekstil, atmosfer kelas dan sekolah adalah rileks dan informal. Gedung sekolah dan ruang-ruang di dalamnya bersih sehingga peserta didik bisa hanya mengenakan kaus kaki tanpa sepatu. Kegiatan di luar ruangan sangat ditekankan, meskipun cuaca ekstrem seperti dingin atau hujan. 

Kegiatan ekstrakurikuler, seperti seni musik dan lainnya yang bersifat hobi, difasilitasi sekolah. Membaca adalah kegiatan yang dirangsang dan umum dilakukan sejak masa kanak-kanak (bukan dipaksa). 

Perlu dicatat, Finlandia adalah negara dengan penerbitan buku anak-anak terbesar di dunia.

Demikian pula programprogram televisi  berbahasa asing tidak boleh di-dubbing,tapi dilengkapi dengan teks.

Ujian nasional untuk mengukur kecakapan perorangan setiap peserta didik tidak ada. Penilaian pendidikan hanya bertujuan untuk kepentingan pengembangan proses belajar dan ini merupakan kewenangan sekolah yang dimandatkan kepada tiap-tiap guru. Skala penilaian menggunakan rentangan 4-10.

Pada tahun-tahun pertama pendidikan dasar, banyak sekolah tidak menerapkan penilaian formal. Sekolah memberikan laporan kepada orangtua (rapor) sebanyak 2 kali dalam setahun, yakni pada akhir musim gugur dan akhir musim semi.

alam menangani peserta didik yang  mengalami kesulitan belajar, sekolah menerapkan penanganan bertahap. Pertama, 

peserta didik diberi kesempatan mengulang berkali-kali. Jika belum berhasil mencapai target ketuntasan, sekolah memfasilitasinya dengan pendampingan khusus. 

Sangat jarang guru atau manajemen sekolah memanggil dan mewawancarai peserta didik dan / atau orang tua karena persoalan pencapaian akademik yang buruk. 

Selain itu, setiap sekolah memiliki klinik kesehatan, setiap peserta didik disediakan makan siang gratis dan bergizi, serta disediakan pula buku-buku dan bahan pembelajaran. 

Sekolah juga melaksanakan karya wisata secara periodik dan gratis. Bila dalam melakukan suatu kegiatan peserta didik maupun guru kesulitan untuk pulang-pergi, sekolah menyediakan penginapan secara gratis.


Sumber buku pendidikan s2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar