Senin, 10 Januari 2022

IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS


Penyebab
  • Pembelajaran daring dapat membuat peserta  didik lebih mudah terganggu oleh hal lain.
  • Jenis soal yang dapat membuat “celah” bagi peserta didik mengalami learning loss.
CIRI - CIRI
  •  Ketidakhadiran di kelas
  •  Nilai yang semakin menurun
  • Lalai dalam mengerjakan tugas
  • Hasil antara tugas dan Penilaian Harian yang jauh berbeda
CARA MENGATASI
  • Ciptakan situasi kelas yang tidak membosankan
  • Libatkan setiap peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
  • Buat tugas yang tidak terlalu banyak dan usahakan selesai ketika kegiatan pembelajaran berlangsung
  • Usahakan agar tugas/penilaian harian dapat melibatkan daya kreatif dari peserta didik.
  • Selalu sempatkan untuk review materi di awal pertemuan sekitar 5 – 10 menit
  • Buatlah permainan yang sifatnya ada reward dan punishment.
CONTOH
  • Membuat soal penilaian harian untuk awal pertemuan (jumlah soal sekitar 12-15 soal)
  • Contoh permainan yang dapat dilakukan seperti Pancasila ada 5, tebak kartu. Bagi yang kalah maka harus mengerjakan 1 soal yang berkaitan dengan materi yang dibahas, apabila menang maka dapat memberikan pertanyaan bagi guru sesuai dengan materi yang sedang dibahas.
  • Penugasan/assessment misalkan membuat project untuk mata pelajaran IPA, podcast untuk mata pelajaran IPS/PPKn dan sebagainya.

TELL ME AND I FORGET, TEACH ME AND I REMEMBER, INVOLVE ME AND I LEARN

Pendidik adalah seseorang yang memiliki panggilan untuk berbagi ilmu, yang mana dalam jiwa setiap pendidik pastinya senang untuk bermain.

Gabungan dari keduanya akan menghasilkan sistem pembelajaran yang menarik dan menumbuhkan minat belajar yang tinggi pada peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar